Sabtu, 09 Agustus 2014

Coba-coba yang nambah pengalaman : Tes Beswan Djarum

           Yupp kali ini aku akan berbagi pengalaman tak terlupakan yang baru aja aku alami tanggal 8 Agustus kemarin. Kemarin aku baru saja melaksanakan interview Beswan Djarum :)).. Dan hasilnya ?? Harus menunggu tanggal 31 Agustus ini sobb.. Apapun hasilnya akan aku terima, berhasil atau gagal ya itulah namanya kehidupan. Disini aku akan berbagi ilmu sedikit untuk para calon pendaftar Beswan Djarum tahun depan, karena selayaknya ilmu itu akan menjadi berkah bila bisa bermanfaat bagi orang lain.
            Tes Beswan Djarum ada 5, mungkin banyak yang menyebut hanya 3 tapi disini aku ingin membagi secara detail per sesi nya :). Dan kelima tes itu adalah :
1. Tes seleksi administrasi : ini adalah tes pertama bagi para calon pendaftar dimana kita harus mengirimkan berkas yang diinginkan panitia beswan. Disini ketelitian kita dalam membaca tiap berkas yang diperlukan, karena menurutku pada tahap ini panitia akan menyeleksi hanya  berdasarkan kelengkapan berkas saja apa telah sesuai dengan keinginan panitia.
2. Tes TPA  : dan kompetisi sebenarnya dalam tes Djarum dimulai dalam sesi ini. Tes TPA yang diberikan panitia sama dengan tes TPA yang lain, dimana kita harus mengerjakan soal pengetahuan dasar dengan cepat dan fokus. Kuncinya adalah fokus !!! Sebenarnya soal yang diberikan dalam sesi ini tidaklah sulit, tetapi karena banyaknya soal dan waktu minimlah yang menjadi musuh kita. Tes TPA ini terdiri dari soal-soal : soal dengan bacaan panjang (kalau tidak salah bacaan ada 4, dan penulis disini hanya sampai bacaan 2 :D), soal silogisme, soal pengetahuan umum dalam dan luar negeri (ibu kota negara ...), soal matematika dasar, dan soal barisan angka. Walaupun disini penulis sendiri merasa tidak yakin, karena waktu itu aku ingat betul yang dapat terselesaikan sampai soal terakhir hanya soal pengetahuan umum saja sedang yang lainnya belum terselesaikan tetapi alhamdullilah aku lolos..
3. Tes Psikologis : Dalam tes ini ada 3 hal yang harus kita lakukan. Apa saja?? ini dia : tes menggambar dalam 8 kotak, tes menggambar orang, dan tes menggambar pohon. Aku rasa ini bukan ranahku untuk menjelaskan, nanti malah sesat :D mungkin kalian perlu bertanya pada anak psikolog untuk lebih mengetahui makna tiap tes ini agar mengerti harus bagaimana. Intinya dalam tiap gambar yang akan kita gambar  menampilkan karakter diri kita. Aku sendiri asal gambar :)) Asal kalian tahu saja, tes TPA dan psikolog ini merupakan tes yang sangat menentukan untuk sesi berikutnya. Dari tes yang aku ikuti di Malang ada sekitar 1200 lebih mahasiswa yang mengikuti tes dan yang lolos tes TPA & psikolog hanya 120 an saja..
4. FGD :  Focus Grup Discussion.. Dalam tes ini peserta yang tinggal 120 an tadi dibagi bagi menjadi beberapa kelompok. Dalam kelompok ini kita akan mendiskusikan suatu topik berita terbaru. Dan mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok kita dengan media kertas manila. Disini kita harus aktif dalam diskusi kelompok, bukan terlalu aktif sampai kita menjadi dominan tapi aktif yang wajar saja :)) Dalam tes ini tidak ada sistem gugur, walaupun dinilai mungkin nilai dalam sesi ini akan diolah bersama nilai interview.
5. Interview : Dan inilah tes terakhir dalam tahapan menjadi Beswan Djarum. Kunci dalam tes ini adalah honest and be yourself. Jangan mengarang-ngarang cerita untuk membuat diri anda sempurna tapi keluarkan kelemahan anda beserta berikan cara untuk mengatasi kelemahan itu selama ini. Kesan pertama sangat penting, jadi berpakaian sopanlah, senyum, bersalaman dan jangan duduk ketika belum dipersilahkan duduk (yaa manner sopan lah).. Saat menjawab pertanyaan harus tersenyum, tegas, jujur. Dan di akhir sesi ini pasti akan ditanya ada yang ditanyakan? hemm.. memang mau tanya apa !!! tenang sobb, di kesempatan ini kamu bisa memberikan closing statement saja seperti harapan kalian dan ucapan terima kasih :))
              Dan itulah ke 5 tahapan tes yang harus kalian hadapi untuk menjadi Beswan Djarum. Tenang, kalau gagal pada tes TPA dan Psikolog kalian masih mendapatkan oleh2 notebook bagus dan bolpen djarum kok, deitambah lagi ketemu artis hehee.. Kebetulan region Malang mendatangkan Yovie n Nuno saat tes kemarin. Lumayanlah nonton artis gratis buk, kapan lagi :))..  
Karena tiap hal yang kita jalani akan menjadi pengalaman. Baik, Buruk, Gagal, Berhasil. Tetap namanya pengalaman. Dan pengalaman itulah yang akan membuat kita maju setidaknya selangkah dalam hidup... 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar